18 Februari 2011

Lawan NetCUt

Ini buat yang sering dicuri koneksi internetnya baik di kampus, kosan temen, mall, cafe, kantor dimana aja asalkan ada jaringan LAN. Pasti pernah mengalami pengalaman menyebalkan dengan oknum yang menyalah gunakan aplikasi NetCut.
Sebenernya apasih itu NetCut.....? 


Bagi yang belum tau, NetCut adalah aplikasi komputer yang memanfaatkan protokol ARP dalam jaringan yang terhubung melalui LAN. Cara kerja pogram ini singkatnya adalah mengambil alih semua aliran paket data yang seharusnya terbagi ke semua perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut ke komputer si empunya NetCut. Walhasil si empunya NetCut ini akan menguasai jaringan dan bisa mengatur pembagian


Bandwidth di jaringan tersebut sesuka hatinya atau biasa disebut spoofing.
Kalau cara kerja teknisnya NetCut akan melakukan scan terhadap semua IP yang terhubung ke jaringan. Kemudian mengecek routing-table router untuk mengetahui masing-masing IP tersebut di assign oleh DHCP ke MAC address komputer mana. Langkah terakhir mengubah isi routing-table, mengganti semua MAC address yang ada menjadi MAC address komputer empunya NetCut. Karena di routing-table semua diarahkan ke satu komputer, maka koneksi di komputer lain jadi terputus dan empunya NetCut dapat mengatur pembagian bandwidth.

Fungsi asli aplikasi ini adalah untuk membantu administrator jaringan mengatur pemakaian bandwidth, namun sayangnya banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakannya untuk mencuri bandwidth dan memutus koneksi orang lain.


Lalu bagaimana mengatasi para penjahat bandwidth itu?

  • Mengeset routing-table menjadi static bisa dilakukan dengan perintah sederhana bila Anda memakai sistem operasi Linux dengan perintah arp di terminal. Untuk pemakaian perintah dan parameternya bisa dilihat di manual atau forum komunitas Linux. Namun bagi para pengguna Windows nampaknya cara ini tidak dapat dilakukan, maka migrasilah ke Linux ^^
  • Gunakan NetCut, hal ini wajar saja sebenarnya karena dalam setting NetCut terdapat juga pengaturan untuk melindungi diri dari pengguna NetCut lain!! Namun saya tidak menyarankan Anda mencoba cara ini kalau tidak merasa memiliki cukup integritas untuk tidak berbalik arah dan malah menjadi penjahat bandwidth.
  • Gunakan Program Anti NetCut, banyak program yang khusus dibuat untuk melawan spoofing. Cari saja di Google maka akan muncul sederet nama program seperti StopCut, AntiNetCut, AntiARP, dll. Kebanyakan program tersebut dapat Anda download dengan gratis jadi Anda tidak perlu repot mencari crack atau serial numbernya :p
  • Gunakan pendekatan kekeluargaan ke semua pengguna jaringan dengan memberi pemberitahuan bahwa penggunaan NetCut dan tindakan sejenis itu dilarang, dan berdosa! hehe..
  • Hubungi Admin jaringan bila Anda sudah mencoba semua cara di atas namun masih merasa ada yang tidak beres di jaringan, biarkan mereka mengambil tindakan penanganan yang diperlukan. Selain itu siapa tahu memang koneksi di tempat Anda lemot dan sering putus dari sananya dan bukan karena ada pengguna NetCut!
  • Semoga tulisan ini membantu bagi yang merasa bermasalah dengan NetCut di jaringan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa ya sob tinggalkan koment,,,

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified