16 Februari 2011

Apple Akan Bikin Software Pengganti Flash

Dalam waktu dekat, Apple dikabarkan akan meluncurkan sebuah aplikasi yang mirip dengan Flash. Rencana Apple ini dikabarkan telah menjadi rahasia umum.

Seluruh pelaku industri teknologi di dunia telah mengetahui rencana Apple yang telah disusun sejak setahun yang lalu. Tidak heran jika beberapa waktu lalu Apple memutuskan untuk mendepak Flash dari produk yang digelontorkan, khususnya iPad.

Produk tersebut dikabarkan bernama Gianduia, sebuah browser-side yang kode-nya ditulis menggunakan platform Java. Tujuan pengembangan aplikasi ini untuk menyediakan aplikasi kaya konten tanpa harus mellibatkan client-side plugins.

Nantinya, Gianduia ini akan ditujukan bagi para pengguna produk Apple di segmen retail, sehingga mereka bisa membuat aplikasi sendiri.

Sebenarnya, Apple sendiri telah menunjukkan produk hasil buatan Gianduia. Beberapa di antaranya adalah sistem reservasi Genius Bar dan program internet interface One-to-One.

Namun tetap saja ada beberapa kendala yanng dipermasalahkan, khususnya mengenai perubahan standard dan HTML5. Dikatakan Apple, Gianduia dan HTML5 dipastikan akan menjadi penghancur Adobe Flash. Dalam HTML5, benda yang sudah menjadi bagian yang terintegrasi dari sebuah halaman dapat dimanipulasi di kanvas, daripada harus berada dalam wadah mereka sendiri.

Gianduia akan mengambil satu langkah lebih jauh dengan menawarkan kesempatan kepada pengembang untuk membuat kode aplikasi yang benar-benar bermakna, dalam sebuah kanvas yang dikustomisasi, dan tetap menjaga integrasi. (Okezone/TheNextWeb)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa ya sob tinggalkan koment,,,

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified