15 Februari 2011

Cara Mengakali Caching DNS Telkomsel Flash


Berawal dari teman saya yang kesal menggunakan  jasa layanan Telkomsel flash unlimited. Sebut saja soal speed yang makin hari makin lemot, banyak situs yang tidak bisa diakses, susah untuk melakukan koneksi (dialling) serta caching DNS yang terlalu lama. Untuk soal speed dan susahnya melakukan koneksi, mungkin masih di maklumi karena pengguna Telkomsel flash unlimited ini cukup banyak, sehingga masih bisa dikategorikan sebagai hal yang wajar jika situasi ini tetap terjadi.

Namun, bagaimana dengan masalah situs yang tidak bisa dibuka serta caching DNS yang terlalu lama? Untuk hal ini, sepertinya tidak bisa di tolerir lagi karena benar-benar sangat mengganggu. Coba bayangkan, blog saya sudah diupdate berkali-kali, namun jika diakses menggunakan telkomsel flash, yang muncul di halaman pertama bukanlah posting-posting terbaru, melainkan posting lama yang sudah saya buat. Sebuah kondisi yang cukup mengganggu bukan?

Untuk beberapa bulan yang lalu, saya bisa dengan mudah mengakali kondisi ini hanya dengan menggunakan Open DNS, namun sangat disayangkan, penggunaan Open DNS pada saat sekarang ini jarang berhasil. Namun menurut master IT kang Harry sufehmi dalam artikel ISP : fix your bloody DNS,  beliau menjelaskan bahwa refresh rate caching DNS telkomsel itu memang sengaja di set satu minggu sekali. Bahkan mayoritas ISP besar di Indonesia pun melakukan hal tersebut. Sehingga situs-situs yang kita akses itu, rata-rata cuma cache dari user lain. Alamak… apa-apaan nih, masa pelanggan tsel flash cuma disuruh akses situs-situs yang ga up to date. Cape deh… 

Nah, cara mengakali kejadian semacam itu, menurut saya tidak ada cara lain selain memanfaatkan free proxy, private proxy atau SSH Tunnel.  Untuk free proxy, di Google banyak, namun tidak optimal karena yang menggunakan orang banyak. Sementara untuk private proxy, bisa dibuat jika kita memiliki server sendiri, paling tidak ya VPS. Namun untuk account SSH tunnel tanpa shell akses, saya masih ada stok dan masih bisa dipergunakan bersama-sama. Detailnya silahkan lihat dibawah ini.

1. Server: abangadek.com <<— milik kang Harry juga kalau ga salah icon biggrin Cara Mengakali Caching DNS Telkomsel Flash username: net

password: cepat123
2. Server: 209.25.133.89, <<— unknown, saya nemu di Google
username: outpower
password: password
3. Server: 205.234.132.157 <<— unknown juga icon biggrin Cara Mengakali Caching DNS Telkomsel Flash username: demo
password: cpanel
Jika ada dari teman-teman belum tau cara tunneling via ssh, silahkan lihat tutorialnya di disini. Eniwei, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa ya sob tinggalkan koment,,,

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified