12 April 2011

Memblokir Situs Di Mikrotik part 1

 
Pada postingan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memblokir/block website di mikrotik. Saya akan menggunakan fitur Web Proxy yang sudah ada di mikrotik. Saya asumsikan LAN Addressnya adalah 192.168.1.0/24 serta IP address ‘konek’ yang digunakan untuk mengatur LAN adalah 192.168.1.100.



Pertama enable fitur Web Proxy
/ip proxy
set enabled=yes port=8080 cache-on-disk=no
Tambahkan proxy access rules, Disini saya akan mendefinisikan situs-situs yang akan di blokir. Sebagai contoh saya akan memblokir web kaskus, karena kaskus mempunyai banyak subdomain maka semua akan di blok juga dengan memberikan tanda “*” pada alamat website yang akan di blokir.
/ip proxy access
add src-address=192.168.1.0/24 dst-host=*.kaskus.us action=deny
Langkah selanjutnya adalah dengan me-redirect semua akses ke kaskus.us dari LAN ke Web Proxy.
/ip firewall nat
add chain=dstnat in-interface=konek dst-port=80 protocol=tcp action=redirect to-ports=8080
Sekarang situs kaskus.us sudah terblokir, kita bisa menambah website yang akan di block misalnya facebook,twitter dan lainnya sebagaimana yang dijelaskan pada langkah ke 2.
Kita juga bisa memblokir download file-file tertentu misalnya mp3, 3gp, rar, avi dst.
/ip proxy access
add path=*.mp3 action=deny
add path=*.3gp action=deny

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa ya sob tinggalkan koment,,,

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified