15 April 2011

ESEMKA Mobil karya Anak SMK Indonesia

Berita terbaru yang menurut saya sangat dahsyat ini memang perlu di ekspose, disaat bangsa sedang dilanda pertarungan politik yang semakin memanas ini malah muncul kreasi dari hasil teknologi otomotif anak SMK yaitu MOBNAS/mobil nasional buatan anak bangsa. Mobil nasional buatan anak SMK ini diberi nama “Esemka” yang dibangun oleh siswa-siswa dari 5 SMK yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wow betapa luar biasa, kemana selama ini mahasiswa teknik mesin, teknik otomotif berada kenapa melah dari SMK bisa melahirkan MOBNAS?


Hal ini Sebenarnya membuktikan bahwa Indonesia mampu untuk memunculkan kembali industri Mobil nasional seperti dulu yang pernah di coba seperti TIMOR. Hasil mobil nasional Esemka ini diharapkan akan mampu meramaikan kembali industri MOBNAS.

Apalagi siswa SMK ini menunjukkan keahlian mereka dengan mengerjakan sebuah mobil mulai dari desain sampai prototipe hanya dalam waktu singkat yakni hanya 3 bulan saja. Esemka saat ini memiliki 5 model prototipe hasil karya anak bangsa, model-model itu meliputi SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin serta van.

Siswa-siswa SMK ini mengerjakan kelima mobil tersebut mulai dari development desain hingga pembuatan bodi dan berbagai komponennya. Hasil pengerjaan siswa SMK ini pun terbilang sangat halus bahkan dapat disandingkan dengan hasil rakitan pabrik. Padahal mereka mengerjakan semuanya hanya secara hand made dengan alat seadanya.

Meskipun belum akan diproduksi secara massal, namun pihak Esemka sudah menargetkan harga jual mobil ini pada kisaran Rp 80 juta. Dengan target segmentasi adalah SMK-SMK yang bisa menjadikan mobil nasional ini sebagai bahan riset dan edukasi untuk pengembangan kedepannya.
“Kita akan jual pada kisaran Rp 80 juta,” ujar Staf Direktorat Pembinaan SMK, Herdiana, ketika ditemui detikOto, beberapa waktu lalu.
Meskipun secara prototipe yang ada saat ini, lanjut Herdiana, 1 unit memakan biaya sampai Rp 100 juta-175 juta.

“Itu kan prototipe, namun kalau diproduksi massal, harga jual bisa turun,” ujar Herdiana.
Teknologi MOBNAS Esemka ini benar-benar diharapkan bisa memberikan angin segar bagi para konsumen Indonesia yang selama ini sudah terkungkung dengan mobil-mobil produksi Jepang dan Eropa. Hal ini akan menunjukkan bahwa Indonesia juga mampu bersaing dalam industri Mobil dan otomotif dimata dunia.
Maju terus anak bangsa, pastikan bangsa Indonesia ini akan menjadi MACAN ASIA.

sumber :Detik.com & freecorner.web.id

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa ya sob tinggalkan koment,,,

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified